hadiah dari dr. Nadjwa =p

Kuliah dr. Nadjwa.(tanggal lupa nyatet)

Suasana baru di pagi hari bagi kalangan anak 2008. Gimana engga, biasanya jam 7.30 baru 10 orangan yang nunggu, duduk, ngobrol/baca buku, sambil nungguin kuliah kakak kelas di depan A.3.3 theatre. Tapi sekarang, wuih, jam 7.30 udah pada berserakan sampe ke tangga dan depan perpus lantai 2, kita ga lagi ngobrol sana-sini sembari nunggu kuliah 2006 selesai, kita BACA SLIDE!

Sepertinya hal seperti ini hanya ada di kuliah dr. Nadjwa.
Tahu kenapa kita belajar slide pagi2? Karena ada kuis yang pertanyaannya dari bahan kuliah hematopiesis minggu lalu dan bleeding disorder (yang pertanyaannya sangat gaib, krn belum dijadiin materi ama dr. Nadjwa)

Pertanyaan no. 1. Dimanakah hematopoiesis dilakukan pada fetus 2-7 bulan? Hiyaa, masih pada semangat nih ngerjainnya. LIVER and SPLEEN! Masih nempel di otak nih..
Pertanyaan no. 2 Apa saja yang terdapat dalam bone marrow stroma? Mm, ga tau nih reaksi temen2 gimana. Yang jelas jawabannya microvascular network and stromal cells.
Pertanyaan no. 3. Dimanakah di bentuknya thrombopoietin? Hati2 jangan kebalik2 ama erythropoietin. Erythropoietin itu dibentuk di kidney, tapi kalo thrombopoietin itu diiiii……LIVER!!
Pertanyaan no. 4. Oia nih, urutannya kacau, gapapa lah ya. Ukuran pluripotential hematopoietic stem cells seberapa gede? Jawabannya small/medium size lymphocyte.
Pertanyaan no. 5. Aduh lupa pertanyaannya. Kalo ga salah apa yang dibutuhkan untuk cell melakukan dividing, differentiation, and maturation. Jawabannya growth factor.
Nah yang ini mulai rada2 ga beres pertanyaannya. Langsung pertanyaan dan jawabannya aja ya?
6. the end of primary homeostasis? Platelet end plug.
7. lab test untuk extrinsic pathway? PT a.k.a prothombin time
8. purpose of APTT? Evaluation of instinsic pathway (?? Kalo ga salah ini jawabannya)
9. 15 ptechiae normal/abnormal? Abnormal! Yang normal kurang dr 10 ptechiae (dlm lingkaran dg dia. 5 cm)
10. coagulation test with additional thromboplastin? APTT

Katanya dr. Nadjwa, soal2 yang paling banyak dijawab dengan benar bakal masuk ke MDE. *karena anak2 tepu tangan semua setiap kali jawabannya dikasih tau, sepertinya dr. Nadjwa nganggep kita bener semua, semoga 10 nomor ini muncul..
Selamat belajar kawan-kawan. Walopun olymphiart sedang berlangsung, LI jalan terus. motto kita itu kemenangan no. 2, keluarga no.1; bukan LI no.2, olymphiart no.1. ^^
___________________________________
herizkinya 140610
maaf telat. lebih dramatis kan ya diposnya deket2 MDE? (excuse) semoga bermanfaat! semangat ujiannya, semoga dimudahkan, 2008 lulus 100%! amiin.

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments